How to speak english FLUENTLY

29 Apr

CONTENTS

 

Lesson 1.    Introduction                                                                 1

Lesson 2.    Pronunciation                                                               4

Lesson 3.    Short and Long Answers                                              8

Lesson 4.    Continuous aspect sentence (completion games)       13

Lesson 5.    Short and Long Opinions Phrases                                14

Lesson 6.    Strong or Weak Opinions                                             17

Lesson 7.    Opinions language: Correct the mistakes                   21

Lesson 8.    Asking for Opinions: Key Words and Phrases Brainstorming      25

Lesson 9.    Body Language and Gestures for Presentations         27

Lesson 10.  Presentations: Correct the Errors                                29

Lesson 11.  Tasks on the Topic of Business Writing                       32

Lesson 12.  Useful phrases for reports brainstorming                   33

Lesson 13. Paper information and tips discussion                        35

Lesson 14. Improving the Olympics                                              37

Lesson 15.  Current Affairs Vocabulary Brainstorming and          39

                   Speaking

 

 

 

 

DAFTAR  ISI

 

 

Pelajaran 1.    Pendahuluan                                                           1
Pelajaran 2.    Pengucapan                                                             4
Pelajaran 3.    Jawaban Pendek dan Panjang                                 8
Pelajaran 4.    Aspek kalimat (permainan)                                    13
Pelajaran 5.    Frase Pernyataan Opini Pendek dan Panjang         14
Pelajaran 6.    Opini Kuat atau lemah                                            17
Pelajaran 7.    Bahasa Opini: Perbaikan kesalahan                       21
Pelajaran 8.    Meminta Opini: Pengulangan Kata Kunci danFrase        25
Pelajaran 9.    Bahasa Tubuh dan Gerakan untuk Presentasi        27
Pelajaran 10. Presentasi: Perbaikan Kesalahan                            29
Pelajaran 11. Tugas pada Topik Tulisan Bisnis                             32
Pelajaran 12. Frase pada Penulisan Laporan                                33
Pelajaran 13. Informasi Tertulis dan Tips Diskusi                         35
Pelajaran 14. Meningkatkan Kualitas Olimpiade                         37
Pelajaran 15. Pengulangan Kembali: Hubungan Kosakata dan    39
berbicara

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           

 

Lesson  1. Introduction

In order to imprint words on your memory and also to feel comfortable about pronouncing them at a moment’s notice, it is necessary to practise vocabulary a number of  times.  

1. Decide which constructions and vocabulary are ideal for you to learn.   (Be discerning, because you cannot learn everything.)   Choose about ten new words per day to practise

2.  Practise them until you are word-perfect.  Then use them in real situations by incorporating them into conversations with as many people as possible (at least six times each word or construction, but more if possible).     The more you manage to use them in conversation, the more readily you will be able to say them fluently in the future.  

 

REMEMBER: 

Fluency in English is accuracy with good pronunciation – not speed.

 

A.   HOW TO SPEAK ENGLISH MORE ACCURATELY

From a learner’s point of view, the problem with English is that it is too rich in constructions and vocabulary, ie:  There are numerous words and constructions which have similar meanings.  Mistakes occur when students remember half of one construction and half of another;  they end up with a hotch-potch which is at best “incorrect but understandable” and at worst “nonsense”.

 

 

 

Pelajaran 1. Pendahuluan


Agar kata membekas di memori dan Anda merasa nyaman mengucapkannya pada saat-saat tertentu, maka perlu untuk berlatih mengucapkan kosakata beberapa kali.

1. Tentukan konstruksi dan kosakata yang ideal bagi Anda untuk dipelajari. (Jadilah cerdas, karena Anda tidak bisa belajar segalanya.) Pilih sekitar sepuluh kata baru per hari untuk berlatih.

2.  Berlatihlah sampai pengucapan kata Anda sempurna. Kemudian gunakan kata-kata tersebut dalam situasi nyata dengan memasukkan mereka ke dalam percakapan dengan jumlah orang sebanyak mungkin (setidaknya enam kali setiap kata atau konstruksi, tetapi lebih jika mungkin). Semakin banyak Anda menggunakannya dalam percakapan, semakin lancar Anda akan dapat mengatakannya di masa depan.

 

INGAT:

Kefasihan dalam bahasa Inggris adalah akurasi dengan pengucapan yang baik – bukan kecepatan.

 

A. CARA BERBICARA BAHASA INGGRIS LEBIH AKURAT

Dari sudut pandang mereka yang belajar bahasa inggris, masalah dalam mempelajari bahasa Inggris adalah terlalu kaya struktur dan kosa katanya, misalnya: Ada banyak kata dan struktur yang memiliki arti yang sama. Kesalahan terjadi ketika mereka mengingat setengah dari satu struktur dan setengah dari yang lain, akhirnya mereka mengucapkan kata secara “tidak benar tapi dapat dimengerti” dan paling buruk, kata yang “tidak masuk akal”.

 

1.    Choosing English for Use or Recognition Purposes only

English people do not use every phrase and word in the English language.  They have favourite phrases which they use time and time again.  I recommend that when you are taught more than one way of saying the same thing,  choose only one version to learn accurately for future use.  Then store the other one(s) vaguely in your mind for future recognition purposes only.

2. Pitfalls to Avoid

Native English speakers modify their language according to their situation, just as you would do in your own language.  Unless you have constant exposure to English over many years, you cannot expect to do this.  The trick therefore is to choose the best English for universal speaking purposes and to recognise other versions of  English, so you are not at a disadvantage.  By doing so, you will avoid misunderstandings and you will be able to judge the quality of another person’s English.   

Although a knowledge of the following is essential for understanding English (and possibly for some exams), I recommend you avoid them as much as possible when speaking in normal situations:-Idioms, Phrasal Verbs, Slang (which can sound insolent when used at the wrong time).

 

 

 

 

 

 

1.    Memilih Kata Bahasa Inggris Sesuai Kegunaan dan Keperluan Saja.

Orang Inggris tidak menggunakan setiap frase dan kata dalam bahasa Inggris. Mereka memiliki frase favorit yang mereka gunakan setiap waktu. Disarankan bahwa ketika Anda memiliki lebih dari satu cara mengatakan suatu hal yang sama, pilihlah  salah satu versi saja untuk dipelajari dengan seksama dan  digunakan selanjutnya. Kemudian simpan versi yang lain dalam pikiran Anda untuk digunakan pada keperluan lain di masa depan.

2.  Kesalahan yang Harus Dihindari

Penutur asli bahasa Inggris memodifikasi bahasa mereka sesuai dengan situasi mereka, seperti yang akan Anda lakukan dalam bahasa Anda sendiri. Kecuali Anda seorang sastrawan Inggris selama bertahun-tahun, Anda tidak perlu melakukan hal ini. Karena itu caranya adalah dengan memilih salah satu kata bahasa Inggris yang terbaik untuk digunakan secara umum  namun mengenali versi lainnya, sehingga Anda tidak dirugikan. Dengan demikian, Anda akan menghindari kesalahpahaman bahkan Anda akan dapat menilai kualitas bahasa Inggris orang lain.

Meskipun pengetahuan tentang Idiom, frase kata kerja, dan bahasa Slang (yang dapat terdengar kurang ajar ketika digunakan salah tempat) juga penting untuk memahami bahasa Inggris (dan mungkin untuk beberapa tugas/aktivitas), disarankan agar Anda menghindari mereka sebisa mungkin ketika berbicara dalam situasi normal.


 

3.  Avoiding grammatical errors when speaking

Many students experience difficulties with the use of the present perfect, because the use of it does not correspond with a similar-looking tense in their own language.  If it helps you, it is possible to avoid the present perfect altogether by using:

SIMPLE PAST + SPECIFIC TIME

eg: 

1.  I have been to Tunisia.  (Time unknown)

2.    I went to Tunisia some time ago.  (Exact time unknown)

3.    I have just finished my homework. (Recent, but time unknown)

4.    I finished my assignment a short while ago (Recent, but exact time unknown)

English is such a rich and versatile language, it is possible to say what you want to say in more than one way.

B.   IMPORTANT REGIONAL DIFFERENCES

·      In spoken American English, the use of the Simple Past and Present Perfect are often used contrary to the rules of grammar, particularly where the words ‘yet’ and ‘yesterday’ are concerned.

·      In South West England, the following regional errors can be heard:  I be, he be, we be, they be, etc.

·      In Yorkshire, the definite article is often omitted in speech.

 

 

 

 

3.  Menghindari kesalahan tata bahasa ketika berbicara

Banyak pelajar bahasa inggris mengalami kesulitan dengan penggunaan bentuk waktu present perfect, karena penggunaannya tidak serupa dalam bahasa mereka sendiri. Untuk itu usahakan semaksimal mungkin menghindarinya dengan menggunakan bentuk tata bahasa:

SIMPLE PAST + WAKTU PASTI

misalnya:

1.  Saya telah ke Tunisia. (Tidak Diketahui Waktunya)

2.  Saya pergi ke Tunisia beberapa waktu lalu. (Tidak diketahui waktu pastinya)

3. Saya baru saja menyelesaikan pekerjaan rumah saya. (waktunya baru, tapi tidak tepat)

4.  Saya menyelesaikan tugas saya beberapa saat yang lalu (waktunya baru, tapi pastinya tidak diketahui)

 

Bahasa Inggris adalah bahasa yang kaya dan serbaguna, sehingga Anda mungkin mengatakan apa yang ingin Anda katakan dalam lebih dari satu cara.


B. PERBEDAAN DAERAH PENTING

·      Dalam pengucapan bahasa Inggris Amerika, penggunaan Simple Past dan Present Perfect sering digunakan bertentangan dengan aturan tata bahasa, terutama yang berhubungan dengan kata-kata ‘belum’ dan ‘kemarin’.

·      Di South West England, kesalahan daerah berikut dapat didengar: Saya akan, dia akan, kita akan, mereka harus, dll.

·      Di Yorkshire, definite article sering diabaikan dalam pengucapan

Lesson 2. Pronunciation

A.   GENERAL

Non-native speakers of English experience different pronunciation problems according to their native language.  This is due to:

1.  Different pronunciation of some letters

2.  No equivalent sound in their own language

If students cannot hear whether they are pronouncing a sound correctly, then the only alternative is to “feel” and “see” whether they are pronouncing it properly.

English is a language which depends upon:

AIRFLOW, LIP SHAPE, TONGUE POSITION, TEETH POSITION, JAW MOVEMENT

B.   COMMON DIFFICULT SOUNDS 

TH: (long, soft, as in TEETH) Put the tip of your tongue between your teeth and blow gently.  It is a long sound and should last about 5 seconds.

To test whether you are making this sound properly, place your hand approximately 12 cm from your mouth.  If you can feel a good flow of cool air halfway down your arm and your teeth and lips are in the right position, your pronunciation of this sound will be OK.  Do not forget to check the length of time you are allowing for the sound. You must produce this amount of air whenever you say a word with a soft TH in it. 

Pelajaran 2. Pengucapan

 

A.   UMUM

 

Non-penutur asli bahasa Inggris mengalami masalah pengucapan yang berbeda dengan bahasa asli mereka. Hal ini disebabkan karena:

1. Berbeda pengucapan beberapa huruf

2. Tidak terdengar sama ucapannya dalam bahasa mereka sendiri

 

Jika pelajar tidak dapat mendengar apakah mereka mengucapkan suara dengan benar, maka satu-satunya alternatif adalah untuk “merasakan” dan “melihat” apakah mereka mengucapkannya dengan benar.

Bahasa Inggris adalah bahasa yang tergantung pada:

ALIRAN UDARA, BENTUK BIBIR, POSISI LIDAH, POSISI GIGI, GERAKAN  RAHANG

B.   BUNYI PENGUCAPAN UMUM YANG  SULIT

 

TH: (panjang, lembut, seperti dalam TEETH) Letakkan ujung lidah Anda di antara gigi dan dorong lembut. Ini adalah bunyi panjang dan harus berlangsung sekitar 5 detik.

Untuk menguji apakah Anda membuat bunyi ini benar, tempatkan tangan Anda sekitar 12 cm dari mulut Anda. Jika Anda dapat merasakan aliran udara dingin pada lengan serta gigi dan bibir berada di posisi yang tepat, maka pengucapan Anda ini akan OK. Jangan lupa untuk memeriksa lamanya waktu Anda mengeluarkan suara. Anda harus memproduksi jumlah udara setiap kali Anda mengatakan kata dengan TH lembut di dalamnya.

TH: (short, hard, as in THE) Put the tip of your tongue between your teeth and make a voice sound from your throat.  It is a short sound with a sudden burst of air.

To test whether you are making this sound properly, place your hand approximately 6 cm from your mouth.  If you can feel a sudden burst of air on your hand, you are making the sound from your throat and your teeth and lips are in the right position, your pronunciation of this sound will be OK.  You must produce this sound whenever you say a word with a hard TH in it. 

V:    Put your top front teeth onto your bottom lip and make a voice sound in your throat.  Your lips should be more or less closed.

If you are making this sound correctly, you will feel an uncomfortable vibration.  You must feel this vibration every time you say a word with V in it, otherwise you are not pronouncing it properly.   The listener must hear the vibration to be sure of what you are saying. 

ST:  Make a long, soft ‘S’ sound like a snake, then suddenly add an abrupt ‘T+schwa’ sound by pushing your tongue against the back of your top front teeth, then suddenly taking it away.  (Practise the ‘s’ sound first, then the ‘schwa’ sound alone before adding the abrupt ‘T’ sound.)

PH:  Pronounce PH as F (not P)

F   :  Put your top front teeth onto your bottom lip and blow gently.  Your lips should be more or less closed.

To test whether you are making this sound properly, place your hand approximately 12 cm from your mouth.  If you can feel a good flow of cool air onto your hand and your teeth and lips are in the right position, your pronunciation of this sound will be OK.  You must produce this amount of air whenever you say a word with F in it. 

TH: (pendek, keras, seperti dalam THE) Letakkan ujung lidah Anda di antara gigi Anda dan keluarkan suara dari tenggorokan Anda. Ini adalah suara pendek dengan hentakan udara tiba-tiba.

Untuk menguji apakah Anda membuat suara ini benar, tempatkan tangan Anda sekitar 6 cm dari mulut Anda. Jika Anda dapat merasakan hentakan udara tiba-tiba di tangan Anda, Anda mengeluarkan suara dari tenggorokan serta gigi dan bibir berada di posisi yang tepat, maka pengucapan Anda akan OK. Anda harus menghasilkan suara ini setiap kali Anda mengatakan kata dengan TH keras di dalamnya.

V:    Letakan gigi atas Anda ke depan bibir bawah Anda dan membuat suara di tenggorokan Anda. Bibir Anda harus kurang lebih tertutup.

Jika Anda membuat suara ini dengan benar, Anda akan merasakan getaran tidak nyaman. Anda harus merasakan getaran ini setiap kali Anda mengatakan kata dengan V di dalamnya, jika tidak, anda tidak mengucapkannya dengan benar. Pendengar harus mendengar getaran untuk memastikan apa yang Anda katakan.

ST: Membuat suara panjang dan lembut ‘S’ seperti ular, lalu tiba-tiba menambahkan ‘T + schwa’ suara dengan mendorong lidah Anda ke bagian belakang gigi atas Anda depan, lalu tiba-tiba melepasnya. (Praktikkan suara ‘s’ pertama, kemudian suara ‘schwa’ sendiri sebelum menambahkan suara tiba-tiba ‘T’.)

PH: Ucapkan PH sebagai F (bukan P)

F   :      Letakan gigi atas Anda ke depan bibir bawah Anda dan meniup lembut. Bibir Anda harus kurang lebih tertutup.

Untuk menguji apakah Anda membuat suara ini benar, tempatkan tangan Anda sekitar 12 cm dari mulut Anda. Jika Anda dapat merasakan aliran udara dingin ke tangan Anda serta gigi dan bibir Anda berada di posisi yang tepat, maka pengucapan Anda akan OK. Anda harus memproduksi jumlah udara setiap kali Anda mengucapkan kata dengan F di dalamnya.

H:    To make this sound, you need a lot of air and your mouth should be open.   Stand or sit up straight and take a deep breath, open your mouth, then let out the air quickly as if you are disappointed about something.  Allow your body to slump at the same time.

To test whether you are making this sound properly, place your hand approximately 12 cm from your mouth.  If you can feel a good flow of hot air onto your hand and your mouth and body are in the right positions, your pronunciation of this sound will be OK.  You must produce this amount of air whenever you say a word with H in it. 

L:    When making the L sound, you tongue must temporarily go up to the roof of your mouth and come down again.  It must not touch your teeth unless the next sound is TH.

To check your tongue is in the right position, use a mirror.  Practise saying La, La, La, so you can see what your tongue is doing.

R:   When making the R sound, your tongue does very little;  it just stays at the bottom of your mouth.  However, your lower jaw quickly moves forward, down and back as you say the sound. 

Use a mirror to check that your tongue is not moving up to the roof of your mouth and that your jaw is moving properly.   If you do not have this sound in your language, you will need to practise moving your jaw.  At first, it will be painful, because you will be flexing  unused muscles just as you would if you attempting a new sport.  If you persevere the discomfort will eventually subside.

 

 

 

H:    Untuk membuat suara ini, Anda membutuhkan banyak udara dan mulut Anda harus terbuka. Berdiri atau duduk tegak dan ambil napas dalam-dalam, buka mulut Anda, kemudian biarkan udara keluar dengan cepat seolah-olah Anda kecewa tentang sesuatu. Biarkan tubuh Anda merosot pada waktu yang sama.
Untuk menguji apakah Anda membuat suara ini benar, tempatkan tangan Anda sekitar 12 cm dari mulut Anda. Jika Anda dapat merasakan aliran udara panas ke tangan serta mulut dan tubuh Anda berada dalam posisi yang tepat, pengucapan Anda akan OK. Anda harus memproduksi jumlah udara setiap kali Anda mengatakan kata dengan H di dalamnya.

 

L:    Ketika membuat suara L, lidah Anda harus sementara naik ke langit-langit mulut Anda dan turun lagi. Lidah tidak harus menyentuh gigi kecuali suara berikutnya adalah TH.

Untuk memeriksa lidah Anda berada dalam posisi yang tepat, menggunakan cermin. Berlatihlah mengatakan La, La, La, sehingga Anda dapat melihat apa lidah Anda lakukan.

 

R:    Ketika membuat suara R, lidah Anda bergetar sangat sedikit, hanya tetap di bagian bawah mulut Anda. Namun, rahang bawah dengan cepat bergerak maju, turun dan kembali seperti saat Anda mengeluarkan suara.

Gunakan cermin untuk memeriksa bahwa lidah Anda tidak bergerak sampai ke langit-langit mulut Anda dan rahang Anda bergerak dengan benar. Jika tidak terdapat bunyi ini dalam bahasa Anda, Anda akan perlu berlatih menggerakan rahang Anda. Pada awalnya, hal itu akan menyakitkan, karena Anda akan melenturkan otot-otot yang tidak terpakai seperti jika Anda mencoba olahraga baru. Jika Anda bertahan maka ketidaknyamanan akhirnya akan mereda.


 

W:  When making the W sound, you must pucker your lips as if you are going to kiss your favourite filmstar. 

Use a mirror to achieve the correct lip shape.  To make the sound, you must push a sound out through the lip ‘funnel’ as if you have hurt yourself a little BEFORE saying the word, then at the end of this strained sound you open your lips a little and make a different sound as if you are saying the number ONE (but stop before you stay the N sound). 

C.   CONSONANTS

In order to speak English well you must make all your consonants (except silent ones) sound loud and clear, particularly if the last consonant is a ‘T’ (as in the word ‘BUT’).   When someone does, it is poor quality pronunciation, but when non-native speakers do this, it is often impossible to understand what they are saying. 

D.   LONG SOUNDS v SHORT SOUNDS

The long sounds in English are extremely important.  Throughout England, Australia, Canada, America, there are fluent native speakers of English.   The accents vary enormously, yet we are all capable of understanding each other.   This is because the consonant sounds change very little and there is a uniformity of long and short sounds.

When studying English you may feel it is very strange to say long sounds, because they do not exist in your own language;  however, unless you do use long sounds, your English will be difficult to understand.  In fact, it is better to make your long sound too long, rather than not long enough.

W: Ketika membuat suara W, Anda harus mengerut bibir Anda seolah-olah Anda akan mencium bintang film favorit Anda.

Gunakan cermin untuk mencapai bentuk bibir yang benar. Untuk membuat suara, Anda harus mendorong suara melalui ‘corong’ bibir seolah-olah Anda telah menyakiti diri Anda sedikit SEBELUM mengatakan kata, dan pada akhir bunyi ini buka bibir Anda sedikit dan keluarkan suara berbeda seperti jika Anda mengatakan ONE (tapi berhenti sebelum Anda mengucapkan N).

 

C.   KONSONAN

Untuk berbahasa Inggris dengan baik Anda harus membuat semua konsonan Anda (kecuali yang diam) dengan suara keras dan jelas, terutama jika konsonan terakhir adalah ‘T’ (seperti pada kata ‘BUT‘). Ketika seseorang melakukannya, itu adalah pengucapan yang buruk, tetapi ketika non-penutur asli melakukannya, sering tidak mungkin untuk memahami apa yang mereka katakan.

 

D.   BUNYI PANJANG v PENDEK

Bunyi yang panjang dalam bahasa Inggris sangatlah penting. Sepanjang Inggris, Australia, Kanada, Amerika, ada beberapa penutur asli bahasa Inggris yang fasih. Aksen mereka sangat berbeda-beda, namun kita semua mampu memahami satu sama lain. Hal ini karena suara konsonan berubah sangat sedikit dan ada keseragaman suara panjang dan pendek.

Ketika belajar bahasa Inggris Anda mungkin merasa sangat aneh untuk mengatakan suara yang panjang, karena tidak ada dalam bahasa Anda sendiri, namun, tanpa Anda menggunakan suara yang panjang, maka bahasa Inggris Anda akan sulit dipahami. Bahkan, lebih baik untuk membuat suara panjang Anda lebih lama, bukan kurang lama.

Lesson 3. Short and Long Answers

 

Worksheet 1 – Yes/ No questions

Take turns choosing one of the sections on your worksheet and asking all the questions in it.

A

So you are  Mr/Ms. …….. . Is that right?

B

Do you enjoy your work?

Are you studying anything at the moment?

Is there anything you’d like to study/work in the future?

C

Are you from Indonesia?

Do you often visit your hometown?

Do you think Indonesia  is a good place to live in?

Would you like to live in your hometown when you retire?

D

Do you play any musical instruments?

Are there any new leisure activities you would like to take up?

E

Do you have a large family?

Do you get on well with your family?

F

Do you speak any other languages?

Did you enjoy English at this moment?

G

Are there any festivals you would like to go to?

Do you have any plans for your next birthday?

 

Pelajaran 3. Jawaban Pendek dan Panjang


Latihan 1 – pertanyaan Ya / Tidak

Bergiliran memilih salah satu bagian pada latihan ini dan tanyakan semua pertanyaan di dalamnya.

A
Jadi Anda adalah Bapak/Ibu …….. . Apakah itu benar?

B
Apakah Anda menikmati pekerjaan Anda?

Apakah Anda belajar apa pun saat ini?

Apakah ada sesuatu yang ingin pelajari/kerjakan di masa depan?

C
Apakah Anda dari
Indonesia?

Apakah Anda sering mengunjungi kampung halaman Anda?

Apakah Anda pikir Indonesia adalah tempat tinggal yang baik?

Apakah Anda ingin tinggal di kota Anda ketika Anda pensiun?

D
Apakah Anda memainkan alat musik?

Apakah ada kegiatan rekreasi baru yang Anda ingin lakukan?

E

Apakah Anda memiliki keluarga besar?

Apakah Anda berhubungan baik dengan keluarga Anda?

F
Apakah Anda berbicara bahasa lain?

   Apakah Anda menikmati bahasa Inggris saat ini?

G
Apakah ada festival yang Anda ingin kunjungi?

Apakah Anda memiliki rencana untuk ulang tahun berikutnya?


 

H

Have you visited many foreign countries?

Do you have any plans to travel abroad?

 

What are the topics above?

 

Worksheet 2 – Short answers

Add short answers below.

 

Do you enjoy your work? Yes No

Do you have any plans to travel abroad?                                Yes No

Does your hometown have any famous festivals?                  Yes No

Is your hometown famous for anything?                                Yes No

Are birthdays important to you?                                             Yes No

Are you studying anything at the moment?                            Yes No

Is there anything you’d like to study in the future?                Yes No

Are there any new hobbies you’d like to take up?                  Yes No

Did you enjoy English at this moment?                                   Yes No

Did I pronounce that okay?                                                     Yes No

Have you visited many foreign countries?                              Yes No

Would you like to live in your hometown when you retire?   Yes No

 

Make those answers slightly longer (in a natural way), .e.g. “Yes, I do. I love it.

What could the follow up questions be above if you just give a short or very short answer?

What is a polite way to say “No”, e.g. if the examiner asks you “Did I pronounce your name okay?”

 

H
Pernahkah Anda mengunjungi negara-negara asing?

Apakah Anda memiliki rencana untuk bepergian ke luar negeri?

Apa topik kalimat-kalimat di atas?


Worksheet 2 – jawaban pendek

Tambahkan jawaban singkat di bawah ini.


Apakah Anda menikmati pekerjaan Anda?                                        Ya Tidak
Apakah Anda memiliki rencana untuk bepergian ke luar negeri?            Ya Tidak
Apakah kota Anda memiliki festival yang terkenal?               Ya Tidak
Adalah kampung halaman Anda terkenal karena sesuatu?   Ya Tidak
Apakah ulang tahun penting bagi Anda?                                Ya Tidak
Apakah Anda belajar sesuatu saat ini?                                   Ya Tidak
Apakah ada sesuatu yang ingin pelajari di masa depan?       Ya Tidak
Apakah ada hobi baru yang ingin Anda lakukan?                   Ya Tidak
Apakah Anda menikmati bahasa Inggris saat ini?                  Ya Tidak
Apakah saya mengucapkannya dengan baik?                         Ya Tidak
Pernahkah Anda mengunjungi negara-negara asing?            Ya Tidak
Apakah Anda ingin tinggal di kota Anda ketika Anda pensiun?     Ya Tidak

Buatlah jawaban-jawaban tersebut sedikit lebih panjang (dalam cara yang alami),. Misalnya “Ya, benar. I love it. ”

Apakah ada pertanyaan jika Anda hanya memberikan jawaban singkat atau sangat singkat?

Bagaimana cara yang sopan untuk mengatakan “Tidak”, misalnya jika penguji meminta Anda “Apakah saya mengucapkan nama Anda dengan baik?”

Worksheet 3 – Follow up questions

Match these questions to their follow up questions:

 

Yes/ No questions

1. Are birthdays important to you?

2. Are you from Indonesia?

3. Are you working at the moment?

4. Did you enjoy English at the time?

5. Did you get on well with your parents when you were a child?

6. Do you enjoy playing sports?

7. Do you enjoy your work?

8. Do you get on well with your family?

9. Do you have any plans for your next birthday?

10. Do you have any plans to travel abroad?

11. Do you have much free time?

12. Do you live with your family?

13. Do you often visit your hometown?

14. Do you play any musical instruments?

15. Do you speak any other languages?

16. Do you think Indonesia is a good place to live in?

17. Have you been to any English speaking countries?

18. Have you visited many foreign countries?

19. Is there anything you’d like to study in the future?

20. Would you say your hometown a good place to live?

 

 

 

 

 

 

Worksheet 3 – Pertanyaan lanjutan

Jodohkan pertanyaan-pertanyaan ini dengan pertanyaan lanjutannya:

Pertanyaan Ya / Tidak

1. Apakah ulang tahun penting bagi Anda?

2. Apakah Anda dari Indonesia?

3. Apakah Anda bekerja saat ini?

4. Apakah Anda menikmati bahasa Inggris saat ini?

5. Apakah Anda berhubungan baik dengan orang tua Anda ketika masih kecil?

6. Apakah Anda suka berolahraga?

7. Apakah Anda menikmati pekerjaan Anda?

8. Apakah Anda berhubunan baik dengan keluarga Anda?
9. Apakah Anda memiliki rencana untuk ulang tahun berikutnya?

10. Apakah Anda memiliki rencana untuk bepergian ke luar negeri?

11. Apakah Anda memiliki banyak waktu luang?

12. Apakah Anda tinggal dengan keluarga Anda?

13. Apakah Anda sering mengunjungi kampung halaman Anda?

14. Apakah Anda memainkan alat musik?

15. Apakah Anda berbicara bahasa lain?

16. Apakah Anda pikir Indonesia adalah tempat yang baik untuk ditinggali?

17. Apakah Anda pernah ke negara berbahasa Inggris?

18. Pernahkah Anda mengunjungi negara-negara asing?

19. Apakah ada sesuatu yang ingin dipelajari di masa depan?

20. Apakah Anda mengatakan kota Anda adalah tempat yang baik untuk hidup?

Follow up questions

Other answers may be possible

1.         Are birthdays important to you? Are there any other celebrations which are more so?

2.    Are you from Indonesia? Whereabouts?Which part?

3.    Are you working at the moment? Have you had a job before?

4.         Did you enjoy English at the time? Why do you like to study english?

5.         Did you get on well with your parents when you were a child? What about now?

6.    Do you enjoy playing sports? How do you keep fit?

7.    Do you enjoy your work? What’s your favourite thing about it?

8.    Do you get on well with your family? What kinds of things do you disagree on?

9.    Do you have any plans for your next birthday? Will it be similar to your last one, do you think?

10. Do you have any plans to travel abroad? Where would you like to go?

11. Do you have much free time? What would you do if you had more?

12. Do you live with your family? What are the advantages of living alone?

13. Do you often visit your hometown? What kinds of reasons do you go back for?

14. Do you play any musical instruments? Did you start when you were young?

15. Do you speak any other languages? What is your level?

16. Do you think _________ is a good place to live in? Do most people feel that way?

 

Pertanyaan lanjutan

Jawaban lain yang mungkin

1. Apakah ulang tahun penting bagi Anda? Apakah ada perayaan lain yang lebih saat itu?

2.   Apakah Anda dari Indonesia? Dimana tepatnya? Bagian mana?

3.   Apakah Anda bekerja saat ini? Apakah Anda memiliki pekerjaan sebelumnya?

4.   Apakah Anda menikmati bahasa Inggris pada saat itu? Mengapa Anda ingin belajar bahasa Inggris?

5.   Apakah Anda mendapatkan baik dengan orang tua Anda ketika Anda masih kecil? Bagaimana dengan sekarang?

6.   Apakah Anda suka berolahraga? Bagaimana cara Anda tetap fit?

7.   Apakah Anda menikmati pekerjaan Anda? Apakah yang menyenangkan dari pekerjaan ini?

8. Apakah Anda berhubungan baik dengan keluarga Anda? Apa jenis hal yang Anda tidak setuju pada?

9.   Apakah Anda memiliki rencana untuk ulang tahun berikutnya? Apakah akan mirip dengan yang terakhir, menurut Anda?

10.   Apakah Anda memiliki rencana untuk bepergian ke luar negeri? Di mana Anda ingin pergi?

11. Apakah Anda memiliki banyak waktu luang? Apa yang akan Anda lakukan jika Anda memiliki waktu luang lebih?

12.   Apakah Anda tinggal dengan keluarga Anda? Apa keuntungan hidup sendiri?

13.   Apakah Anda sering mengunjungi kampung halaman Anda? apa alasan yang Anda kembali ke sana?

14.   Apakah Anda memainkan alat musik? Apakah Anda mulai ketika Anda masih muda?

15.   Apakah Anda berbicara bahasa lain? Apa tingkat Anda?

16. Apakah Anda pikir _________ adalah tempat yang baik untuk ditinggali? Apakah kebanyakan orang merasa seperti itu?

17. Have you been to any English speaking countries? What did you think about it/ them?

18.  Have you visited many foreign countries? What was your favourite place and why?

19. Is there anything you’d like to study in the future? What most interests you?

20. Would you say your hometown a good place to live? What kind of people would it suit?

 

Ask and answer questions from above, only using the follow up questions if you need to.

You may have to use different follow up questions, depending on the answer.

 

 

 

 

 

 

 

17. Apakah Anda pernah pergi ke negara berbahasa Inggris? Apa yang Anda pikirkan tentang mereka?

18.  Pernahkah Anda mengunjungi negara-negara asing? Apa tempat favorit Anda dan mengapa?

19. Apakah ada sesuatu yang ingin dipelajari di masa depan? Apa yang paling menarik minat Anda?

20. Apakah Anda mengatakan kota Anda adalah  tempat yang baik untuk hidup? Apa jenis orang akan hal itu sesuai?

Bertanya dan jawablah pertanyaan di atas, hanya menggunakan pertanyaan lanjutan jika Anda perlu.

Anda mungkin harus menggunakan pertanyaan lanjutan yang berbeda, tergantung pada jawabannya.


Lesson 4. Continuous Aspect Sentence

(Completion Games)

 

 

Fill most of the gaps below with true information about yourself.

1.        I have ___________________________________ twice.

2.        I have been ________________________ a lot recently.

3.        I have __________________________________recently.

4.        I have been _________________for more than five years.

5.        I haven’t been ________________________for very long.

6.        I haven’t _____________________________many times.

7.        I haven’t ____________________________________yet.

8.        I had been _______for a while when I got my present job.

9.        I was ____________________when I got my present job.

10.    I was ________________when I met my wife.

11.    I had already __________when I met my wife.

12.    I had never ___________________before I went abroad.

13.    I was _____________________at 8 o’clock this morning.

14.  I will ______________________ straight after this class.

15.    I will be _______________________ at 11 o’clock tonight.

16.    I will be _________________________in five years’ time.

17.    I will probably have ______________by the time I am 70.

 

Which tenses are needed to complete each sentence above and why? What is the general meaning of the continuous aspect?

 

 

 

 

 

Pelajaran 4.             Aspek kalimat (permainan)


Isilah garis di bawah ini dengan informasi yang benar tentang diri Anda.
1. Saya telah __________________________________ dua kali.

2. Saya telah banyak ________________________ akhir-akhir ini.

3. Saya telah ______________________________ baru-baru ini.

4. Saya telah _________________ selama lebih dari lima tahun.

5. Saya belum ______________________ untuk waktu yang lama.

6. Saya belum _____________________________ berkali-kali.

7. Saya belum ____________________________________.

8. Saya adalah _______, sebelum saya mendapatkan pekerjaan saya sekarang.

9.  Saya sementara ____________________ ketika saya mendapatkan pekerjaan saya sekarang.

10. Saya sementara________________ ketika bertemu dengan istri.

11. Aku sudah __________ ketika bertemu istri.

12. Aku tidak pernah _______________ sebelum saya pergi ke luar negeri.

13. Saya sedang_____________________ pukul 8 pagi ini.

14. Saya akan ______________________  setelah kelas ini.

15. Saya akan _______________________ pukul 11 ​​malam nanti.

16. Saya akan menjadi_______________ lima tahun mendatang.

17. Saya mungkin akan memiliki _____________ pada usia 70.

Bentuk kata manakah yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap kalimat di atas dan mengapa? Apa arti umum dari aspek berkelanjutan?

 


 

Lesson 5. Short and Long Opinions Phrases

 

Label the phrases below with their function, including their strength where relevant (strong agreement, weak disagreement, giving strong opinions, asking for opinions, etc).

 

1. … Agreed?

2. Absolutely.

3. Agreed.

4. Any (initial) thoughts on…?

5. Any objections to the statement…?

6. Any views on…?

7. Clearly.

8. Could be.

9. Exactly.

10. Fair enough.

11. Good point.

12. I guess.

13. Keep talking.

14. Know what I think? …

15. Makes sense.

16. No doubt

17. No kidding.

18. Nonsense.

19. Not in my experience.

20. Obviously.

21. Precisely.

22. Ridiculous.

23. Rubbish.

24. Seriously?

25. Want to know what I think?

26. Without a doubt.

Pelajaran 5. Frase Pernyataan Opini Pendek dan Panjang

Tentukan frase di bawah ini sesuai dengan fungsi mereka, termasuk perjanjian yang kuat, ketidaksepakatan yang lemah, memberikan pendapat yang kuat, meminta pendapat, dll.


1. Setuju …?
2. Tentu saja.
3. Setuju.
4. Adakah pemikiran (awal)  tentang …?
5. Adakah keberatan terhadap pernyataan …?
6. Adakah pandangan tentang …?
7. Jelas.
8. Bisa jadi.
9. Tepat.
10. Cukup adil.
11. Pendapat yang baik.
12. Kurasa.
13. Terus bicara.
14. Tahu apa yang kupikirkan? …
15. Masuk akal.
16. Sudah pasti
17. Tidak bercanda.
18. Omong kosong.
19. Bukan dalam pengalaman saya.
20. Jelas.
21. Tepatnya.
22. Konyol.
23. Sampah.
24. Serius?
25. Ingin tahu apa yang saya pikirkan?
26. Tanpa diragukan lagi.

27. You think?

28. Quite right.

29. IMHO,…

 

Make longer versions of those phrases, preferably without changing the meaning. You might need to slightly change some of these words.

 

Suggested answers

1. … Agreed? – Is that agreed?/ Are we agreed? – (Asking for opinions)

2. Absolutely. – You are absolutely right./ That is absolutely right. – (Strong agreement)

3. Agreed – That is agreed./ We are agreed on that. – (Agreement).

4. Any (initial) thoughts on…? – Do you have any (initial) thoughts on…? – (Asking for opinions).

5. Any objections to the statement…? – Do you have any objections to the statement…?– (Asking for opinions).

6. Any views on…? – Do you have any views on…? – (Asking for opinions).

7. Clearly. – That is clearly the case. –(Strong agreement).

8. Could be. – That could be the case. – (Weak agreement).

9. Exactly. – That is exactly right./ That is exactly what I was going to say./ That’s exactly what I wanted to say. – (Strong agreement).

10. Fair enough. – That sounds fair enough. – (Agreement or weak agreement).

11. Good point. – That is a good point. – (Agreement or strong agreement).

12. I guess. – I guess so./ I guess that might be the case. – (Weak agreement).

 

27. Anda berpikir demikian?

28. Benar.

29. IMHO, …(dalam pendapat jujur saya)


Buatlah versi lebih panjang dari pernyataan sebelumnya, sebaiknya tanpa mengubah arti. Anda mungkin perlu sedikit mengubah beberapa kata.


Jawaban yang disarankan

1. Setuju …?  Apakah itu setuju / Apakah kita sepaham? – (Meminta pendapat)

2. Tentu saja. – Anda benar / Itu benar.. – (sangat setuju)

3. Setuju – disetujui / Kami setuju itu.. – (setuju).

4. Adakah  pemikiran (awal) tentang …? – Apakah Anda punya pemikiran (awal)  tentang …? – (Meminta pendapat).

5.  Adakah keberatan terhadap pernyataan …? – Apakah ada keberatan terhadap pernyataan … – (Meminta pendapat)?.

6.  Adakah pandangan tentang …? – Apakah Anda memiliki pandangan tentang …? – (Meminta pendapat).

7. Jelas. – Itu jelas terjadi. – (sangat setuju).

8. Bisa jadi. – bisa jadi begitu. – (persetujuan yang lemah).

9. Tepat. – Itu tepat / Itulah apa yang akan saya katakan / Itulah apa yang ingin saya katakan… – (sangat setuju).

10.Cukup adil. – Kedengarannya cukup adil. – (setuju atau persetujuan yang lemah).

11. Pendapat yang baik. – Itu adalah pendapat yang baik. – (setuju atau persetujuan yang kuat).

12. Kurasa. – Saya rasa begitu / Saya rasa itu mungkin terjadi.. – (persetujuan yang lemah).

13. Keep talking. – Please keep talking and you might convince me./ You need to keep talking if you want to convince me. – (Disagreement).

14. Know what I think? … – Do you know what I think? – (Giving opinions).

15. Makes sense. – That makes sense./ What you are saying makes sense. – (Agreement).

16. No doubt – I don’t doubt it. – (Strong agreement).

17. No kidding. – You’re not kidding. – (Strong agreement).

18.  Nonsense. – That is (complete) nonsense. – (Strong disagreement).

19. Not in my experience. – That is not true in my experience./ That doesn’t match my experience.– (Disagreement).

20. Obviously. – That is obviously the case. – (Strong agreement).

21. Precisely. – That is precisely what I wanted to say./ That is precisely my opinion. – (Strong agreement).

22. Ridiculous. – That is (completely) ridiculous. – (Strong disagreement).

23. Rubbish. – That is (complete) rubbish. – (Strong disagreement).

24.  Seriously? – Do you seriously think that? – (Strong disagreement).

25. Want to know what I think? – Do you want to know what I think? – (Giving opinions).

26. Without a doubt. – I have no doubt that what you are saying is true. – (Strong agreement).

27. You think? – Do you (really) think so? – (Strong disagreement).

28. Quite right. – You are quite right. – (Strong agreement).

29. IMHO,… – In my honest opinion/ In my humble opinion – Giving strong (honest) or weak (humble) opinions.

13.   Terus bicara. – Harap terus berbicara dan Anda mungkin meyakinkan saya / Anda perlu terus berbicara jika Anda ingin meyakinkan saya.. – (tidak setuju).

14.   Tahu apa yang kupikirkan? … – Apakah Anda tahu apa yang saya pikirkan? – (Memberi pendapat).

15.   Masuk akal. – Itu masuk akal / Apa yang Anda katakan masuk akal.. – (setuju).

16.   Tidak diragukan lagi – saya tidak meragukan hal itu. – (sangat setuju).

17.   Tidak bercanda. – Kau tidak bercanda. – (sangat setuju).

18.   Omong kosong. – Itu (pasti) omong kosong. – (sangat tidak setuju).

19.   Bukan dalam pengalaman saya. – Itu tidak sesuai pengalaman saya / Itu tidak cocok dengan pengalaman saya -.. (tidak setuju).

20.   Jelas. – Itu jelas terjadi. – (sangat setuju).

21. Tepat. – Itulah yang ingin saya katakan / hal itu sama dengan pendapat saya.. – (sangat setuju).

22.   Konyol. – Itu adalah (benar-benar) konyol. – (sangat tidak setuju).

23.   Sampah. – Itu (jelas) sampah. – (sangat tidak setuju).

24.   Serius? – Apakah Anda serius berpikir bahwa? – (sangat tidak setuju).

25.   Ingin tahu apa yang saya pikirkan? – Apakah Anda ingin tahu apa yang saya pikirkan? – (Memberi pendapat).

26.   Tanpa diragukan lagi. – Saya tidak ragu bahwa apa yang Anda katakan adalah benar. – (sangat setuju).

27.   Anda berpikir? – Apakah Anda (benar-benar) berpikir begitu? – (sangat tidak setuju).

28.   Benar. – Kau benar. – (sangat setuju).

29.   IMHO, … – Menurut pendapat jujur ​​saya / Menurut pendapat saya – memberi pendapat kuat (jujur) atau lemah (sederhana).


 

Lesson 6. Strong or Weak Opinions

 

Listen and choose the Strong or Weak depending on which meaning you think each phrase you hear has.

—————————————————————————————–

Label the sections below with S for Strong and W for Weak.

 

A (Strong or Weak)

(I’ve never heard such) (complete and utter) rubbish.

(That’s utterly) ridiculous.

Any idiot can see that…

Are you crazy?/ Are you out of your mind?

 

B (Strong or Weak)

Are you joking?/ Are you kidding?/ Are you pulling my leg?

Far from it.

To be perfectly frank,…

I can’t accept that.

 

C (Strong or Weak)

As far as I know,…

Fair enough.

I agree up to a point, but…

I can accept that.

 

D (Strong or Weak)

I couldn’t agree with you more.

I really don’t think so.

I strongly believe that…

I’d definitely say that…

Pelajaran 6. Opini Kuat atau lemah

Simak dan pilihlah apakah opini berikut Kuat atau Lemah tergantung pada makna Anda pikir setiap frase yang Anda dengar.

————————————————– —————————————
Berikan tanda S untuk kuat dan W untuk lemah.

A (kuat atau lemah)

(Aku belum pernah mendengar/benarbenar berita) sampah.

(Itu benar-benar) konyol.

Orang idiot pun bisa melihat bahwa …

Apakah Anda gila?/Apakah Anda tidak punya pikiran?


B (kuat atau lemah)

Apakah Anda bercanda?/Apakah Anda bercanda?/Apakah Anda mengerjai saya

Jauh dari itu.

Terus terang, …

Saya tidak bisa menerima itu.


C (kuat atau lemah)

Sejauh yang saya tahu, …

Cukup adil.

Saya setuju sampai titik tertentu, tetapi …

Saya bisa menerimanya.


D (kuat atau lemah)

Saya tidak bisa setuju dengan Anda lebih.

Saya benar-benar tidak berpikir begitu.

Saya sangat percaya bahwa …

Saya pasti akan mengatakan bahwa …

E (Strong or Weak)

I’d go even further and say…

I’m (absolutely) certain that…

I’m (entirely) convinced that…

I’m positive that…

 

F (Strong or Weak)

In your dreams!/ You’re living in a dream world.

Nonsense.

Quite right.

Quite the opposite.

 

G (Strong or Weak)

I don’t really think so.

I might change my mind later, but…

I wouldn’t quite put it that way myself.

I’m fairly confident that…

 

H (Strong or Weak)

I’m no expert (on this), but…

I’m not sure I’m the right person to ask, but…

My initial reaction is…

 

I (Strong or Weak)

So true, so true.

That answers all my questions.

That’s clearly not the case.

That’s exactly the way I see it.

 

E (kuat atau lemah)
Aku akan pergi lebih jauh dan berkata …
Saya (benar-benar) yakin bahwa …
Saya (seluruhnya) yakin bahwa …
Aku yakin bahwa …

F (kuat atau lemah)
Dalam mimpi Anda / Anda Sedang hidup dalam dunia mimpi.
Omong kosong.
Benar.
Justru sebaliknya.

G (kuat atau lemah)
Saya tidak benar-benar berpikir begitu.
Aku mungkin berubah pikiran nanti, tapi …
Saya tidak akan cukup begini itu sendiri.
Aku cukup yakin bahwa …

H (kuat atau lemah)
Saya bukan ahli (dalam hal ini), tapi …
Saya tidak yakin aku orang yang tepat untuk bertanya, tapi …
Reaksi awal saya adalah …

I (kuat atau lemah)
Jadi benar, begitu benar.
Semua pertanyaan saya telah terjawab.
Itu jelas tidak terjadi.
Itulah cara saya melihatnya.

J (Strong or Weak)

Off the top of my head,…

That view is somewhat old fashioned.

To the best of my knowledge,…

 

K (Strong or Weak)

That’s just the point I was trying to make.

That’s just what I was going to say.

That’s not the case at all./ That’s quite simply not the case.

There is no way on earth I can accept that.

 

L (Strong or Weak)

Well, you know more about this than me, but…

With some reservations, I’m going to accept that.

You could say that.

 

M (Strong or Weak)

Without (a shadow of) a doubt,…

You can say that again.

You can’t say that.

 

N (Strong or Weak)

You cannot be serious./ Seriously?

You took the words right out of my mouth.

Your argument is full of holes. For example,…/ The first of many problems with that argument is…

 

 

 

J (kuat atau lemah)
Dalam pikiran saya, …
Pandangan itu agak kuno.
Berdasarkan pengetahuan terbaik saya, …

K (kuat atau lemah)
Itu hanyalah kesimpulan yang coba saya buat.
Itulah yang saya akan katakan.
Itu tidak terjadi sama sekali/sederhananya bukan begitu kejadiannya.
Tidak ada cara bagi saya bisa menerimanya.

L (kuat atau lemah)
Nah, Anda tahu lebih banyak tentang hal ini dari saya, tapi …
Dengan beberapa syarat, aku akan menerimanya.
Anda bisa mengatakan bahwa.

M (kuat atau lemah)
Tanpa (bayangan) keraguan, …
Anda dapat mengatakan itu lagi.
Anda tidak dapat mengatakan bahwa.

N (kuat atau lemah)
Anda pasti bercanda/ Serius..?
Anda mengambil kata-kata yang keluar dari mulut saya.
Argumen Anda penuh dengan lubang. Misalnya, … / Yang pertama dari banyak masalah dengan argumen yang …

 

 

Choose one of the topics below. Start with one that arguing strongly for and one that  arguing strongly against

 

   Raising VAT (= consumption tax).

   Changing the starting date of universities

   The government certifying restaurants abroad serving authentic food from your country.

   Increasing legal immigration.

   Teaching other school subjects in English.

   Starting school younger.

   A single national university entrance test.

   Move to teaching more Chinese.

   More financial incentives to have children.

   A legal minimum number of female MPs.

   A legal minimum number of female board members in large companies.

   Introducing/ Scrapping nuclear power.

   Banning anonymous online comments.

   “Media” as a school subject.

   (More) government money for the making of movies

   More emphasis on teaching creativity

   Introducing/ Scrapping the death penalty

 

 

 

 

 

 

 

Pilih salah satu topik di bawah ini. Mulailah dengan salah satu yang sangat anda setujui dan salah satu yang sangat tidak setujui.

 

      Meningkatkan PPN (= pajak konsumsi).

      Mengubah tanggal masuk perguruan tinggi

      Restoran bersertifikasi pemerintah di luar negeri melayani makanan khas dari negara Anda.

      Meningkatkan imigrasi hukum.

      Mengajar mata pelajaran sekolah lainnya dalam bahasa Inggris.

      Mulai sekolah pada usia lebih muda.

      Ujian Masuk Perguruan Tinggi Nasional.

      Sistem mengajar dengan gaya Cina.

      Memiliki sumber keuangan untuk memiliki anak.

      Jumlah minimum anggota parlemen perempuan.

      Jumlah minimum anggota dewan perempuan di perusahaan besar.

      Memperkenalkan/Menghilangkan tenaga nuklir.

      Melarang komentar online anonim.

      “Media” sebagai subjek sekolah.

      (Menambah) subsidi pemerintah untuk pembuatan film

      Lebih menekankan pada kreativitas pengajaran

      Memperkenalkan/Menghapus hukuman mati

 

 

 


18.     

Lesson 7. Opinions language: Correct the mistakes

 

In each section below there is one sentence that should be in a different section and one sentence that is grammatically incorrect. Correct the grammar mistakes and move the other sentences.

 

Asking for opinions

“Don’t you think that…?”

“How do you feel about…?”

“How do you think about…?”

“What do you think?”

“What’s your opinion on…?”

Giving strong opinions

“I really think that…”

“Frankly,…

“I strongly believe that…”

“I’m absolutely certain that…”

“I’m convinced that…”

“I’m positive that…”

“In my honestly opinion,…”

“It seems clear to me that…”

“This may be controversial, but…”

“I would definitely say that…”

“To be perfectly frank,…”

“To the best of my knowledge,…”

“Without a doubt,…”

Giving weak opinions

“As far as I know,…”

“I would guess that…”

“I would imagine that…”

Pelajaran 7. Bahasa Opini : Perbaiki kesalahan

Dalam setiap bagian di bawah ini ada satu kalimat yang harusnya berada di bagian yang berbeda dan satu kalimat yang salah tata bahasanya. Perbaiki kesalahan tata bahasanya dan pindahkan kalimatnya.

Meminta pendapat

“Tidakkah Anda berpikir bahwa …?”

“Bagaimana perasaan Anda tentang …?”

“Bagaimana pendapat Anda tentang …?”

“Bagaimana menurutmu?”

“Apa pendapat Anda tentang …?”

Memberikan pendapat yang kuat

“Saya benar-benar berpikir bahwa …”

“Terus terang, …

“Saya sangat percaya bahwa …”

“Saya benar-benar yakin bahwa …”

“Saya yakin bahwa …”

“Aku yakin bahwa …”

“Dalam jujur ​​pendapat saya, …”

“Tampak jelas bagi saya bahwa …”

“Ini mungkin kontroversial, tapi …”

“Saya pasti akan mengatakan bahwa …”

“Terus terang, …”

“Untuk yang terbaik dari pengetahuan saya, …”

“Tanpa diragukan lagi, …”

Memberikan pendapat yang lemah

“Sejauh yang saya tahu, …”

“Saya akan menebak bahwa …”

“Saya akan membayangkan bahwa …”

 

     “I’m not expert on this, but…”

“I’ve never really thought about this before, but…”

“If you ask me,…”

“It might well be that…”

“Off the top of my head,…”

“There is a part of me that says…”

“With a few reservations, I’d say that…”

Other opinions phrases

“If you want my opinion,…”

“I’d say that…”

“As far as I concerned,…”

“From my point of view,…”

“I believe…”

“If I must come up with an opinion, I’d probably say that…”

“The way I see it,…”

Agreeing

“Absolutely”

“Agree”

“Agreed”

“Exactly”

“I am in complete agreement”

“I can see how you might think that”

“I still have my doubts but…”

“I suppose so”

“I wholeheartedly agree”

“Okay, you’ve convinced me”

“Precisely”

“That’s just what I think”

“That’s just what I was going to say”

“You took the words right out of my mouth”

“Saya tidak ahli dalam hal ini, tapi …”

“Aku tidak pernah benar-benar berpikir tentang hal ini sebelumnya, tapi …”

“Jika kau bertanya padaku, …”

“Ini juga mungkin bahwa …”

“Dari pikiran saya, …”

“Ada bagian dari diriku yang mengatakan …”

“Dengan beberapa keberatan, saya akan mengatakan bahwa …”

Frase opini lainnya

“Jika Anda ingin pendapat saya, …”

“Saya akan mengatakan bahwa …”

“Sejauh yang saya ketahui, …”

“Dari sudut pandang saya, …”

“Saya percaya …”

“Jika saya harus mengemukakan pendapat, saya mungkin akan

mengatakan bahwa …”

“Cara saya melihatnya, …”

Menyetujui
Benar-benar”
“Setuju”
“Setuju”
“Tepat”
“Saya setuju lengkap”
“Aku bisa melihat bagaimana Anda mungkin berpikir bahwa”
“Saya masih memiliki keraguan saya tapi …”
“Saya kira begitu”
“Aku sepenuh hati setuju”
“Oke, Anda telah meyakinkan saya”
“Justru”
“Itulah yang saya pikir”
“Itulah yang saya akan katakan”
“Kau mengatakan yang hendak saya katakan”

Disagreeing

“Absolutely no”

“I couldn’t agree with you more”

“I find that very difficult to accept”

“I think you might be forgetting…”

“You could say that, but…”

 

Answer key

Asking for opinions

·      “Don’t you think that…?” – Usually used to disagree

·      “How do you think about…?” – Should be “How do you feel about…?” or “What do you think about…?”

 

Giving strong opinions

·      “In my honestly opinion,…” – Should be “In my honest opinion,…”

·      “To the best of my knowledge,…” – This is used to give weak opinions

 

Giving weak opinions

·      “I’m not expert on this, but…” – Should be “I’m no expert on this, but…” or (less commonly) “I’m not an expert on this, but…”

·      “If you ask me,…” – This is not necessarily weak, so should be Other Opinions Phrases below

 

Other opinions phrases

·      “As far as I concerned,…” – Should be “As far as I am concerned,…”

·      “If I must come up with an opinion, I’d probably say that…” – This is a weak opinion

Tidak Setuju

“Sama sekali tidak “

“Saya tidak bisa lebih setuju dengan Anda kali ini”

“Saya menemukan bahwa sangat sulit untuk menerima”

“Saya pikir Anda mungkin lupa …”

“Anda bisa mengatakannya, tapi …”


Kunci Jawaban

Meminta opini

•    “Bukankah Anda berpikir bahwa …?” – Biasanya digunakan untuk tidak setuju

• “Bagaimana pendapat Anda tentang …?” – Harusnya “Bagaimana perasaan Anda tentang …?” Atau “Apa yang Anda pikirkan …?”

Memberikan opini yang kuat

• “Pendapat jujur saya, …” – Harusnya “Menurut pendapat jujur ​​saya,…”

• “Menurut pengetahuan saya, …” – ini digunakan untuk memberikan pendapat yang lemah

 

Memberikan pendapat yang lemah

• “Saya tidak ahli dalam hal ini, tapi …” – Harusnya “Saya bukan ahli dalam hal ini, tapi …” atau (kurang umum) “Saya bukan ahli dalam hal ini, tapi …”

• “Jika kau bertanya padaku, …” – Ini tidak selalu lemah, sehingga bisa menggunakan Frase opini lain di bawah ini

Frase opini lain

“Sejauh yang saya ketahui, …” – Harusnya “Sejauh yang saya ketahui, …”

• “Jika saya harus mengemukakan pendapat, saya mungkin akan mengatakan bahwa …” – ini adalah pendapat yang lemah

Agreeing

·      “Agree” – Should be “I agree” or possibly “Agreed”

·      “I can see how you might think that” – This is used to disagree

 

Disagreeing

·      “Absolutely no” – Should be “Absolutely not”

·      “I couldn’t agree with you more” – This is used to agree (because it means I agree so much that more is impossible)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menyetujui
• “Setuju” – Harusnya “Saya setuju” atau mungkin juga “disetujui”

• “Aku bisa melihat bagaimana Anda mungkin berpikir bahwa” – ini digunakan untuk tidak setuju

Tidak  Setuju

• “Sama sekali tidak” – Harusnya “Sama sekali tidak”

• “Saya tidak bisa lebih setuju dengan Anda ” – ini digunakan untuk setuju (karena itu berarti saya setuju sehingga tidak mungkin lebih)

Lesson 8. Asking for Opinions:

Key Words and Phrases Brainstorming

 

 

How many ways of asking for someone’s opinion can you think of?

Brainstorm suitable language for asking for opinions using these key words (you might sometimes want to or need to change the grammar of the words):

Opinion

Think

View

Feel

Thought

Compare with the phrases under the line.

————————————————————————————–

1.      In your (honest) opinion,…?

2.      Do you agree with the opinion that…?

3.      Do you have an opinion on…?

4.      Do you have any opinions on…?

5.      Please tell me your opinion on…

6.      What do you think about…?

7.      Do you (also) think that…?

8.      Do you have any views on…?

9.      Do you share my view that…?

10.  Do you share the view that…?

11.  From your point of view,…?

12.  I’d be interested to hear your views on…

13.  I’d like to hear your views on…

14.  Many people think… What’s your view?

15.  What are your views on…?

Pelajaran 8. Meminta Opini:
Pengulangan Kata Kunci dan Frase

Ada berapa banyak cara untuk meminta pendapat seseorang yang dapat Anda pikirkan?

Ulangi bahasa yang cocok untuk meminta pendapat dengan menggunakan kata-kata kunci (kadang-kadang Anda mungkin ingin atau perlu mengubah tata bahasa dari kata-kata):

Pendapat
Berpikir
Melihat
Merasa
Pikir

Bandingkan dengan frase di bawah garis.

————————————————————————————–
1. Dalam pendapat (jujur) Anda, …?

2. Apakah Anda setuju dengan pendapat itu …?

3. Apakah Anda memiliki pendapat tentang …?

4. Apakah Anda memiliki opini yang objektif tentang …?

5. Tolong beritahu saya pendapat Anda tentang …

6. Apa yang Anda pikirkan …?

7. Apakah Anda (juga) berpikir bahwa …?

8. Apakah Anda memiliki pandangan tentang …?

9. Apakah Anda berbagi pandangan dengan saya bahwa …?

10. Apakah Anda berbagi pandangan bahwa …?

11. Dari sudut pandang Anda, …?

12. Aku akan tertarik untuk mendengar pandangan Anda tentang …

13. Saya ingin mendengar pandangan Anda tentang …

14. Banyak orang berpikir … Apa pandangan Anda?

15. Apa pandangan Anda tentang …?

16.  How do you feel about…?

17.  What are your feelings about…?

18.  Do you feel that…?

19.  (Do you have) any thoughts on…?

20.  Can you give me your thoughts on…?

21.  What are your (first) thoughts on…?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16. Bagaimana perasaan Anda tentang …?

17. Apa perasaan Anda tentang …?

18. Apakah Anda merasa bahwa …?

19. (Apakah Anda memiliki) pemikiran tentang …?

20. Bisakah Anda memberi saya pikiran Anda …?

21. Apa (pertama) Anda pemikiran tentang …?

 


Lesson 9. Body Language and Gestures

for Presentations

 

Choose one of the things below and try to illustrate it just with a gesture. Can audiance think of a phrase connected to presentations which means the same thing?

 

Gestures that can be used by the presenter

· “Can I have your attention please?”

· “Hi” (Greeting people as they come in or acknowledging someone who arrives late)

· “Over here please” (Showing people where to sit)

· “I (am…)” (Introducing yourself)

· “Silly me” (e.g. when the presenter makes a mistake)/ “Oh my goodness (not again!)”

(For example when the equipment goes wrong)

· “Sorry the equipment is so slow!”

· “First”/ “Firstly”/ “First of all”

· “Second”/ “Secondly”

· “Please take a handout and pass the rest along”

· “Over here (somewhere)”/ “In this area”/ “In this part of the slide”

· “…REALLY/ VERY…” (Emphasizing)

· “Right!…” (Very clearly showing a transition between stages, like a more emphatic “So” or “Okay”)

· “Please remember…”

· “Please raise your hand (if you have a question)”

· “Yes. The gentleman/ lady at the back.” (Used by the presenter to indicate whose question they will hear next)

· “I’m trying to see…”/ “I can’t see… very well” (for example if someone very far away is asking a question)

Pelajaran 9. Bahasa Tubuh dan Gerakan

untuk Presentasi

 

Pilih salah satu dari bahasa tubuh di bawah ini dan cobalah untuk menggambarkannya hanya dengan isyarat. Dapatkah hadirin memikirkan sebuah frase yang terhubung ke presentasi yang berarti hal yang sama?


Gestures yang dapat digunakan oleh presentator

•    “Dapatkah Anda memperhatian saya?”

•    “Hi” (berikan salam ketika mereka atau orang yang dihormati datang terlambat)

•    “Di sini silahkan” (menunjukan orang di mana untuk duduk)

•    “Saya……” (Memperkenalkan diri sendiri)

•    “saya konyol ” (misalnya ketika presenter membuat kesalahan)/

      “Ya ampun (tidak lagi!)” (Misalnya ketika peralatan beres)

•    “Maaf peralatan sangat lambat!”

•    “Pertama” / “Pertama” / “Pertama-tama”

•    “Kedua” / “Kedua”

•    “Silakan mengambil modul dan bagikan sisanya”

•    “Di sini (di suatu tempat)” / “Di daerah ini” / “Dalam bagian dari slide ini”

•    “… SANGAT / SANGAT …” (Menekankan)

•    “Benar …!” (Sangat jelas menunjukkan transisi antara tiap tahapan, lebih tegas dari kata “Jadi” atau “Oke”)

•    “Harap diingat …”

      “Silakan mengangkat tangan Anda (jika Anda memiliki pertanyaan)”

       “Ya. Pria / Wanita di belakang “(Digunakan oleh presenter untuk menunjukkan siapa penanya berikutnya).

• “Saya mencoba untuk melihat …” / “Saya tidak bisa melihat dengan sangat baik …” (misalnya jika seseorang yang sangat jauh yang mengajukan pertanyaan)

· “That’s a difficult question”/ “Let me think”

· “I doubt whether that will work/ whether that is true”

· “I hope so”

· “It’s a secret/ Mind your own business” (Usually used in a joking way!)

· “So so”/ “More or less”

· “Any more questions (anyone)?”

· “I’ll now hand over to my colleague”

· “Thank you so much for…”

 

Gestures that can be used by someone organizing or helping with the presentation

· “Please continue” (used by someone at the back of the room to show the presenter that they should continue speaking, perhaps to fill time until the next person arrives)

· “Time is running out”

· “Time out” (Used by someone hosting the presentation to the presenter to show that they should take a break)

· “Stop speaking”/ “Time’s up” (Used by someone hosting the presentation to show the presenter they should wrap the presentation up)

 

What could the possible gestures be to show those things?

What other phrases could be used with those gestures?

 

 

 

•   “Itu pertanyaan sulit”/”Biarkan aku berpikir”

•   “Saya ragu apakah hal itu benar / apakah itu benar”

•   “Saya harap begitu”

• “Ini rahasia/Urusi masalah Anda sendiri” (Biasanya digunakan dengan cara bercanda!)

•   “Begitulah” / “Lebih atau kurang”

•   “Ada pertanyaan (siapa)?”

•   “Sekarang saya akan menyerahkan kepada rekan saya”

•   “Terima kasih banyak untuk …”


Gerakan yang dapat digunakan oleh seseorang yang mengatur atau membantu presentasi

• “Silakan lanjutkan” (digunakan oleh seseorang di belakang ruangan untuk menunjukkan presenter bahwa mereka harus terus berbicara, mungkin untuk mengisi waktu sampai orang berikutnya tiba)

•   “Waktu hampir habis”

• “Time out” (Digunakan oleh seseorang moderator kepada presentator untuk menunjukkan bahwa mereka harus istirahat)

•   “Berhenti berbicara” / “Waktu habis” (Digunakan oleh seseorang moderator untuk menunjukkan presentator mereka harus menyelesaikan presentasi)


Apa gerak tubuh yang mungkin menunjukkan hal-hal tersebut?

Apa frase lain yang dapat digunakan dengan gerakan tersebut?


 

Lesson 10. Presentations: Correct the Errors

 

Correct errors from things you said in the last class that has collected. They could be problems with grammar, vocabulary, formality, etc.

 

Correct the phrases below in the same way.

·         Hi, ladies and gentlemen.

·         Thank you for attending to my presentation.

·         It’s pleasure to welcome you to…

·         It’s nice see so many familiar faces.

·         I’ll discuss about…

·         My presentation is divided in three parts.

·         At first, we’ll look at…

·         For first part of my presentation,…

·         In second part of my presentation,…

·         ……and at last we are going to focus on…

·         In the end…

·         I try to be finished by…

·         If you have any question, please feel free to interrupt me at  any time.

·         So, let’s start by look at…

·         This figure is a bar chart which shows…

·         Right, let’s move on the second topic.

·         Before move on, I’d just like to mention that…

·         Okay, finally I like to turn to…

·         So, to summarise up,…

·         Right, let’s stopping there.

·         Thank you for your coming.

 

What are the functions of the phrases above?

Pelajaran 10. Presentasi: Perbaikan Kesalahan

Pada bagian ini akan diperbaiki kesalahan dari hal-hal yang Anda katakan sebelumnya. Baik masalah dengan tata bahasa, kosakata formalitas, dll.


Mengoreksi kalimat di bawah ini dengan cara yang sama.

• Hai, bapak-bapak dan ibu-ibu.

• Terima kasih untuk menghadiri presentasi saya.

• Sebuah kehormatan menyambut Anda untuk …

• Sangat menyenangkan melihat wajah-wajah begitu banyak.

• Saya akan membahas tentang …

• Presentasi saya dibagi dalam tiga bagian.

• Pada awalnya, kita akan melihat …

• Untuk bagian pertama dari presentasi saya, …

• Pada bagian kedua dari presentasi saya, …

• …… dan akhirnya kita akan fokus pada …

• Pada akhirnya …

• Saya mencoba menyelesaikannya dalam …

• Jika   Anda   memiliki   pertanyaan,   jangan   ragu   untuk   menanyakan

saya setiap saat.

• Jadi, mari kita mulai dengan melihat …

• Angka ini adalah grafik batang yang menunjukkan …

• Benar, mari kita lanjutkan pada topik kedua.

• Sebelum pindah, saya hanya ingin menyebutkan bahwa …

• Oke, akhirnya saya ingin beralih ke …

• Jadi, ringkasnya, …

• Benar, mari kita berhenti di sana.

• Terima kasih atas kedatangan Anda.

 

Apa fungsi dari ungkapan di atas?

 

Match these functions to those phrases. Some functions match more than one phrase.

a)      Connecting with the audience

b)      Ending

c)      Explaining the policy on questions

d)      Explaining the structure of the presentation

e)      Giving the topic

f)       Greeting

g)      Kicking off

h)      Marking transitions

i)        Summarising

j)        Talking about time

k)      Talking about visuals

l)        Thanking at the end

m)   Thanking/ Welcoming

 

Suggested answers and discussion

 

(Greeting) – Good morning/ afternoon/ evening ladies and gentlemen/ Hi everyone./ Hello.(Thanking/ Welcoming) – Thank you for attending my presentation./ It’s pleasure to welcome you to…/ I really appreciate the opportunity to present… to you today.

(Connecting with the audience) – It’s nice see to so many familiar faces./ I’m impressed you came out in this terrible weather.

(Giving the topic) – I’ll discuss…/ I’ll look at…/ I’ll explain…

(Explaining the structure of the presentation) – My presentation is divided into three parts./ I have divided my presentation into three parts./ First of all, we’ll look at…/ Firstly, we’ll look at…/ For the first

Cocokkan fungsi-fungsi kalimat berikut dengan frasenya. Beberapa fungsi sesuai untuk lebih dari satu kalimat.

a) Menghubungkan/menyapa hadirin

b) Penutup

c) Menjelaskan cara mengajukan pertanyaan

d) Menjelaskan struktur presentasi

e) Memberikan topik

f) Salam

g) Isi

h) Penandaan transisi

i)   Ringkasan

j)   Berbicara tentang waktu

k) Berbicara tentang visual

l)   Berterima kasih pada akhir pembicaraan

m) Berterima kasih / Welcoming

 

Jawaban yang disarankan dan diskusinya

(Salam) – Selamat pagi / siang / sore bapak-bapak dan ibu-ibu / Hai semua / Hello (Berterima kasih/sambutan) -… Terima kasih untuk menghadiri presentasi saya/Merupakan suatu kebahagiaan untuk menyambut Anda dalam … / Terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk mempresentasikan … kepada Anda hari ini.
(Menghubungkan dengan hadirin) – Senang melihat wajah-wajah begitu banyak / saya terkesan Anda keluar dalam cuaca buruk..
(Memberikan topik) – saya akan membahas … / Aku akan melihat … /saya akan menjelaskan … (Menjelaskan struktur presentasi) -.. Presentasi saya dibagi menjadi tiga bagian / Saya telah membagi presentasi saya menjadi tiga bagian / Pertama-tama, kita akan melihat … / Pertama, kita akan melihat … / Untuk bagian pertama

part of my presentation,…/ In the second part of my presentation,…/ …and last of all we are going to focus on…/ Finally,… (Talking about time) – I’ll try to be finished by…/ My presentation will last for approximately…

(Explaining the policy on questions) – If you have any questions, please feel free to interrupt me at any time./ There will time at the end for questions. (Kicking off) – So, let’s start by looking at…/ So, if there are no questions so far…

(Talking about visuals) – This diagram is a bar chart which shows…/ Figure One is a bar chart which shows…/ If you look at this pie chart,… (Marking transitions) – Right, let’s move onto the second topic./ I think I’ve covered that topic, so…/ Before moving on, I’d just like to mention that…/ Okay, finally I like to turn to…

(Summarising) – So, to summarise,…/ So, to sum up…/ To explain again in a shorter way,… (Ending) – Right, let’s stop there./ I seem to have run out of time, so… (Thanking at the end) – Thank you for coming./ Thank you for your kind attention.

 

Which sentence is most suitable for your presentations?

Would you do these things in the same order as given above?

Would you take out or add any more stages to the starting or ending?

 

 

 

 

dari presentasi saya, … / Pada bagian kedua dari presentasi saya, … / … dan terakhir kita akan fokus pada … / Akhirnya, … (Berbicara tentang waktu) – saya akan mencoba untuk menyelesaikannya dalam … /Presentasi saya akan berlangsung selama …

(Menjelaskan cara mengajukan pertanyaan) – Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menanyakannya kapan saja / Akan ada waktu di akhir untuk pertanyaan.. (Isi) – Jadi, mari kita mulai dengan melihat … / Jadi, jika tidak ada pertanyaan sejauh …

(Berbicara tentang visual) – Diagram ini adalah sebuah grafik batang yang menunjukkan … / Salah satu Gambarnya adalah grafik yang menunjukkan … / Jika Anda melihat grafik ini, … (Menandai transisi) – Benar, mari kita beralih ke topik kedua /. Saya pikir saya telah membahas topiknya, jadi … / Sebelum pindah, saya hanya ingin menyebutkan bahwa …/ Oke, akhirnya saya ingin beralih ke …

(Ringkasan) – Jadi, untuk meringkas, … / Jadi, untuk meringkas … / Untuk menjelaskan lagi dengan cara yang lebih pendek, … (Penutup) -. Benar, mari kita berhenti di situ / saya tampaknya telah kehabisan waktu, jadi … ( Berterima kasih di akhir) – Terima kasih sudah datang / Terima kasih atas perhatian Anda..

Kalimat mana yang paling cocok untuk presentasi Anda?

Apakah Anda melakukan hal-hal dalam urutan yang sama seperti

yang diberikan di atas?

Apakah Anda mengurangi atau menambah bagian lagi ke awal atau akhir?


 

Lesson 11.

Tasks on the Topic of Business Writing

 

 

You are going to give a short presentation. You have a choice of three topics. Choose one that you feel you can talk about. You have one minute to prepare your talk. Then you will have one minute to speak about it. You can make notes if you wish.

A: Talk about an email that you recently sent or received. You should say:

• Its subject

• Its level of formality

• It length

And say whether you think it was a well written email or not, and why

B: Give a short presentation about a report that you have read. Things to include in your presentation:

• How long it took you to read it

• Why you read it

• What you learnt from it

And say whether you think reading that report was the best way to learn about that information or not, and why

C: Speak for one minute about a memo that was sent out in your company, including:

• Who it was addressed to

• What it said

• The level of formality

And give your opinion about whether you think people paid attention to what it said or not, and why.

Pelajaran 11.
Tugas pada Topik Tulisan Bisnis

 

Anda akan memberikan presentasi singkat. Anda memiliki pilihan dari tiga topik. Pilih salah satu yang Anda rasa dapat anda bicarakan. Anda memiliki satu menit untuk mempersiapkan pembicaraan Anda. Kemudian Anda akan memiliki satu menit untuk berbicara tentang hal itu. Anda dapat membuat catatan jika Anda inginkan.

A: Bicara tentang email yang baru dikirim atau diterima. Anda harus mengatakan:

• subjeknya

• Tingkat formalitasnya

• panjangnya

Dan sampaikan apakah Anda pikir email itu ditulis dengan baik atau tidak, dan mengapa

B: Berikan presentasi singkat tentang laporan yang telah Anda telah baca. Hal yang disertakan dalam presentasi Anda:

• Berapa lama waktu Anda untuk membacanya

• Mengapa Anda membacanya

• Apa yang Anda pelajari dari laporan itu

Dan sampaikan apakah Anda berpikir bahwa membaca laporan adalah cara terbaik untuk mengetahui informasi itu atau tidak, dan mengapa

C: Bicaralah selama satu menit tentang memo yang dikirim dalam perusahaan Anda, termasuk:

• Kepada siapa ditujukan

• Apa yang dikatakan

• Tingkat formalitas

Dan berikan pendapat Anda tentang apakah Anda pikir orang memperhatikan apa yang dikatakan atau tidak, dan mengapa


 

Lesson 12.UsefulPhrases for Reports Brainstorming

 

Brainstorm suitable language into these categories:

1.    Topic/ Purpose of report

2.    Describing/ Explaining problems

3.    Talking about research

4.    Changing topic

5.    Expressions meaning “…,but…”

6.    Expressions meaning “…,and…”

7.    Consequences/ Effects/ Reasons/ Results (= Expressions meaning “…because…”and “…,so…”)

8.    Recommendations/ Suggestions

9.    Conclusion

 

Compare with the phrases below

 

1. Topic/ Purpose of report

(a) As the Regent of West Halmahera Regency, I was asked to write a report on… (b) The purpose of this proposal is to compare/ describe/ evaluate/ outline (the shortcomings of)/ summarise (the findings of a survey on)… (c) This report aims to/ will investigate/ examine…….and to make recommendations for improvements/ how (future) events like this are organised.

 

2. Describing/ Explaining problems

One issue is that…

A further problem is…

The main shortcoming is…

One major disadvantage is…

Pelajaran 12. Frase pada Penulisan Laporan


Ulangi penggunaan bahasa yang sesuai ke dalam kategori:

1. Topik / Tujuan laporan

2. Menggambarkan / Menjelaskan masalah

3. Berbicara tentang penelitian

4. Mengubah topik

5. Ekspresi berarti “…, tapi …”

6. Ekspresi berarti “… dan …”

7.  Konsekuensi / Efek / Alasan / Hasil (= Ekspresi berarti “… karena …” dan “…, jadi …”)

8. Rekomendasi / Saran

9. Kesimpulan

 

Bandingkan dengan frase di bawah ini

1. Topik / Tujuan laporan

(a) Sebagai Bupati Kabupaten Halmahera Barat, saya diminta untuk menulis laporan tentang … (b) Tujuan dari proposal ini adalah untuk membandingkan/mendeskripsikan/mengevaluasi / menggarisbawahi (kekurangan) / meringkas (temuan survei on) … (c) Laporan ini bertujuan untuk / akan menyelidiki / memeriksa dan membuat rekomendasi untuk perbaikan / bagaimana (masa depan) kejadian seperti ini ……. ditangani.

2. Menggambarkan / Menjelaskan masalah

Salah satu masalah adalah bahwa …

Masalah selanjutnya adalah …

Kelemahan utama adalah …

Salah satu kelemahan utama adalah …

The current… is not acceptable because…

 

3. Talking about research

(a)…. stated that they would be keen for… (b)A (fairly/ very/ extremely) frequent comment was that… (c) A survey of…. revealed that… (d)After studying …, it was found that… (e)Comments (from clients) have shown a need for… (f)Customers completed a feedback card/ form/ survey asking them to rate… (g) I have investigated… It was (also) suggested/ found that… (h) The survey found that…. (i) We are investigating ways of… (j)We obtained feedback on our products/ services by… (k)The vast majority of/ Most/ Several/ A few managers/ customers/ staff/ clients/ attendees/ visitors considered them to be/ expressed/ requested/ mentioned… (l)Most of our/ the/ these/ those/ them…

 

4. Changing topic

As for…,…

Moving on to…,…

Finally,…

Firstly,…

With regard to…,…

NOT At first

NOT At last

 

5. Expressions meaning “…,but…”

Although…,…

In spite of/ Despite (the fact that)…

…. However,…

…. Nevertheless,…

…. In contrast,…

Masalah … tidak dapat diterima karena …

3. Berbicara tentang penelitian

(a) …. menyatakan bahwa mereka akan tertarik untuk … (b) Sebuah komentar (cukup/sangat/sangat) sering adalah bahwa … (c) Sebuah survei …. mengungkapkan bahwa … (d) Setelah mempelajari …, ditemukan bahwa … (e) Komentar (dari klien) telah menunjukkan kebutuhan untuk … (f) Pelanggan menyelesaikan kartu angket/formulir/survey meminta mereka untuk menilai … (g) I telah diselidiki … Itu (juga) menyarankan / menemukan bahwa … (h) Survei menemukan bahwa …. (i) Kami sedang menyelidiki cara … (j) Kami memperoleh umpan balik pada produk/jasa kami melalui … (k) Mayoritas/Kebanyakan/Beberapa/ beberapa manajer/ pelanggan/staf/klien/peserta/ engunjung menganggap mereka menjadi / diekspresikan / diminta / disebutkan … (l) Sebagian dari………/kami/ini/orang/mereka …

4. Mengubah topik

Adapun …, …

Pindah ke …, …

Akhirnya, …

Pertama, …

Berkenaan dengan …, …

TIDAK Pada awalnya

TIDAK Akhirnya

5. Ekspresi berarti “…, tapi …”

Meskipun …, …

Terlepas dari/Meskipun (fakta bahwa) …….

Namun, …….

Namun demikian, …….

Sebaliknya, …

Lesson 13. Paper Information and Tips Discussion

 

 

Intro

What will the examiner say when you first enter the room and what do you have to do?

Part One

1. In Part 1 you will be asked some personal questions. What kind of topics could you be asked questions about? Which are the most common topics?

2. What different kinds of questions will you be asked about each topic?

3. Part One ends 4 minutes after you enter the room. How many topics will you usually be asked about and how many questions on each topic in that time?

4. What is a good answer to a question? What happens if you give a short answer?

5. What happens if you don’t understand the question?

6. How can you study to help prepare for Speaking Part One?

Part Two

7. In Part 2 you are given a sheet with a topic and four questions that you have to speak about (a kind of mini-presentation). What are the minimum and maximum amounts oftime you must speak for?

8. What happens if you speak for less than the minimum amount of time?

9. If the examiner interrupts you at the end, is that a good or bad thing?

10. How much time do you have to prepare before you start speaking in Part 2?

Pelajaran 13. Informasi Tertulis dan Tips Diskusi


Pendahuluan
Apa yang akan penguji katakan ketika Anda pertama kali memasuki ruangan dan apa yang harus Anda lakukan?

 

Bagian Satu

1. Dalam Bagian 1 Anda akan ditanyai beberapa pertanyaan pribadi. Apa topik yang bisa ditanyakan kepada Anda? Yang merupakan topik yang paling umum?

2. Jenis pertanyaan apa yang akan ditanyakan bagi Anda tentang topik masing-masing?

3. Bagian Satu berakhir 4 menit setelah Anda memasuki ruangan. Berapa banyak topik yang biasanya akan ditanyakan kepada Anda dan berapa banyak pertanyaan pada setiap topik pada saat itu?

4. Apa jawaban yang baik untuk pertanyaan tersebut? Apa yang terjadi jika Anda memberikan jawaban yang singkat?

5.   Apa yang terjadi jika Anda tidak mengerti pertanyaan?

6.   Bagaimana Anda mempersiapkan jawaban pada Bagian Satu?

 

Bagian Dua

7.   Dalam Bagian 2 Anda diberi selembar kertas dengan topik dan empat pertanyaan yang harus Anda bicarakan (semacam mini-presentasi). Berapa waktu minimum dan maksimum Anda harus berbicara?

8.   Apa yang terjadi jika Anda berbicara kurang dari jumlah minimum waktu?

9.   Jika Anda diinterupsi penguji di bagian akhir, adalah itu hal yang baik atau buruk?

10.Berapa banyak waktu yang harus Anda persiapkan sebelum Anda mulai berbicara dalam Bagian 2?

11. What can you and should you do to prepare before you speak?

 

Part Three

12.    In Part 3 you are asked questions again but it is more challenging than the earlier parts of the exam. How is it different from Part 1?

13. What is a good answer to a Speaking Part Three question?

14. How is the topic in Part Three related to other parts of the exam?

 

Summary

15. How long is the whole paper and each part?

16. Do you get a separate mark for each part?

17. What are the four criteria you are marked on?

18. What are good tactics during the exam?

19. What are good ways of preparing in the weeks before you take the speaking exam?

20. What are the best things to do on the morning of the exam?

 

Useful language – Expressing uncertainty and speculating

I’m (pretty) sure it’s…

If what I read (online) is right,…

It could/ might/ may/ must be…

As far as I know,…

I (would) guess/ I (would) imagine/ I suppose…

I’m not sure, but…

I don’t remember very well, but…

If I remember correctly,…

This is just a guess but…

It’s something like…

11.  Apa yang dapat Anda dan harus Anda lakukan untuk mempersiapkan diri sebelum Anda berbicara?


Bagian Tiga

12. Dalam Bagian 3 Anda akan ditanyai lagi tapi lebih menantang daripada bagian awal ujian. Bagaimana perbedaanya dengan Bagian 1?

13. Apa jawaban yang baik untuk pertanyaan Bagian Tiga?

14. Bagaimana topik di Bagian Tiga berkaitan dengan bagian lain dari ujian?

 

Ringkasan

15.   Berapa lama mengerjakan keseluruhan dan bagian masing-masing?

16.   Apakah Anda mendapatkan tanda terpisah untuk setiap bagian?

17.   Apakah empat kriteria yang Anda tandai?

18.   Apa taktik yang baik selama ujian?

19.   Apa cara yang baik untuk mempersiapkan ujian speaking?

20.   Apa hal terbaik untuk dilakukan pada pagi hari ujian?


Makna Bahasa – Mengekspresikan ketidakpastian dan berspekulasi

Saya (cukup) yakin itu …

Jika apa yang saya baca (online) benar, …

Ini bisa jadi/mungkin/harusnya …

Sejauh yang saya tahu, …

Saya (akan) menebak / saya (akan) bayangkan / saya kira …

Saya tidak yakin, tapi …

Saya tidak ingat betul, tapi …

Jika saya ingat benar, …

Ini hanya menebak tapi …

Ini sesuatu seperti

Lesson 14. Improving the Olympics

 

What aspects of the Olympics most need improving?

What do you think about Olympic mascots?

How could Olympic mascots be improved?

 

Discuss these ideas:

   Use a pre-existing character

Give the contract to a company with experience of designing characters, e.g. Sanrio or Nintendo, and let them decide

   Let the local mayor decide

   Let the local councillors decide

   Allow members of the public to send in their own designs

Allow designers from all over the world to take part in a competition

Allow one famous designer to choose the design rather than deciding by committee

   Have a public vote

   Have a public vote in rounds with the designers explaining their ideas and improving on their efforts, like a kind of American Idol for designers

   Employ one famous designer and let them do what they like

   Let a panel of different experts (e.g. a designer, an architect and an artist) decide

   Use an update of a good previous Olympic character

   Have more rounds in the competition, e.g. top 100, then top 10, then top 3

 

How could you improve the Olympics more generally?

 

Pelajaran 14. Meningkatkan Kualitas Olimpiade

Apa aspek Olimpiade yang paling perlu ditingkatkan?

Apa pendapat Anda tentang maskot Olimpiade?

Bagaimana bisa maskot Olimpiade diperbaiki?


Diskusikan ide-ide ini:

·      Gunakan karakter yang sudah ada sebelumnya

·      Berikan kontrak untuk perusahaan dengan pengalaman merancang karakter, misalnya Sanrio atau Nintendo, dan membiarkan mereka memutuskan

·      Biarkan walikota setempat memutuskan

·      Biarkan dewan setempat memutuskan

·      Izinkan anggota masyarakat untuk mengirimkan desain mereka sendiri

·      Izinkan desainer dari seluruh dunia untuk mengambil bagian dalam kompetisi

·      Biarkan satu desainer terkenal untuk memilih desain daripada memutuskan oleh panitia

·      Melibatkan suara publik

·      Melibatkan suara publik ketika desainer menjelaskan ide-ide mereka dan meningkatkan upaya mereka, seperti semacam American Idol untuk desainer

·      Mempekerjakan salah satu desainer terkenal dan membiarkan mereka melakukan apa yang mereka sukai

·      Biarkan sebuah panel ahli yang berbeda (misalnya desainer, arsitek dan seniman) memutuskan

·      Gunakan karakter Olimpiade yang lama atau yang baru

·      Memiliki lebih banyak rangking kompetisi, misalnya 100 besar, 10 besar, atau 3 besar

Bagaimana bisa Anda meningkatkan kinerja Olimpiade lebih umum?

Discuss these ideas:

   Ban cities from holding the Olympics more than once

   Change continent in a fixed pattern, e.g. always Asia (including Australasia) then Europe then the Americas then Africa then back to Asia

   Award it to a country rather than a city

   Have the games more often

   Have the games less often

   Make it less commercial, e.g. less obvious advertising

   Have more sports

   Have fewer sports

   Have sports that appeal more to young people, e.g. adventure sports like skydiving

   Eliminate old-fashioned sports like horse riding

   Allow to public to vote on more things, e.g. who should light the Olympic flame

 

 

 

 

 

 

 

Diskusikan ide-ide ini:

·      Kota penyelenggara Olimpiade lebih dari sekali

·      Mengubah benua dalam pola tetap, misalnyaselalu Asia (termasuk Australasia) kemudian Eropa kemudian Amerika kemudian Afrika kemudian kembali ke Asia

·      Penghargaan kepada negara bukannya kota

·      Banyak bermain

·      Kurang bermain

·      Membuat sesuatu kurang komersial, misalnya iklan kurang jelas

·      Olahraga berlebih

·      Kurang olahraga

·      Berolahraga yang lebih menarik untuk orang-orang muda, misalnya skydiving

·      Hilangkan olahraga kuno seperti berkuda.

·      Melibatkan masyarakat untuk memilihs, misalnya siapa yang harus menyalakan api Olimpiade


 

Lesson 15. Current Affairs Vocabulary

Brainstorming and Speaking

 

 

Brainstorm language for these current affairs categories. You will get one point for each word or phrase which is on your list and not in the answer key.

 

1.      Disasters and environmental problems

2.      Crimes

3.      Punishments

4.      Verbs connected to crime and punishment

5.      People connected to crime and punishment

6.      Politicians and what they do

7.      Economic figures

8.      Social problems

9.      Words connected to war

10.  International organisations

11.  Other parts of a newspaper/ Other kinds of news

 

Current Affairs Vocabulary- Suggested Answers

Disasters and environmental problems

Flood, landslide/ avalanche, storm (hurricane/ cyclone/ typhoon), drought, famine/ starvation, volcanic eruption, earthquake, tidal wave/ tsunami, forest fire, crash/ collision/pileup, fire, acid rain, pollution, oil spill/ oil slick, hole in the ozone layer, global warming, rising sea levels, extinction of endangered animals, illegal logging, tax dodging, epidemic,

 

Pelajaran 15. Pengulangan Kembali:

Hubungan Kosakata dan Berbicara



Ulangi kembali penggunaan kata untuk setiap kategori ini. Anda akan mendapatkan satu poin untuk setiap kata atau frase yang ada di daftar Anda tapi tidak di kunci jawaban.


1. Bencana dan masalah lingkungan

2. Kejahatan

3. Hukuman

4. Verbs terhubung ke kejahatan dan hukuman

5. Orang yang terhubung ke kejahatan dan hukuman

6. Politisi dan apa yang mereka lakukan

7. Ekonomi angka

8. Masalah sosial

9. Kata-kata yang terhubung ke perang

10. Organisasi internasional

11. Bagian lain dari surat kabar / jenis lain berita


Hubungan  Kosakata- Jawaban yang Disarankan

Bencana dan masalah lingkungan

Banjir, longsor, badai (hurricane/siklon/topan), kekeringan, kelaparan, letusan gunung berapi, gempa bumi, gelombang pasang/tsunami, kebakaran hutan, kecelakaan/benturan/tabrakan beruntun, kebakaran, hujan asam, polusi, tumpahan minyak / licin minyak, lubang di lapisan ozon, pemanasan global, naiknya permukaan laut, kepunahan hewan langka, pembalakan liar, pajak menghindar, epidemi,


 

Crimes

Theft/robbery (e.g. bag snatching, pickpocketing, burglary, shoplifting, mugging), (first degree) murder/ homicide, second degree murder/ manslaughter, bribery, blackmail, insider  trading, drink driving, arson, smuggling, terrorism, sexual harassment, illegal discrimination, organised crime (e.g. mafia and gangs), rape, assault

 

Punishments

Prison sentence (e.g. a life sentence), death penalty/ capital punishment, community service, suspended sentence, corporal punishment, fine, compensation/ damages,

 

Verbs connected to crime and punishment

Arrest, escape/ flee, question, confess, deny, prosecute, break in, threaten, steal, hide, apologise, convict, release, commit, investigate,

 

People connected to crime and punishment

Lawyer, judge, magistrate, criminal, suspect, victim, prison guard, police officer, private detective, suspect, witness, alibi, jury, court reporter, defendant/ accused

 

Politicians and what they do

MP, senator, congressman, mayor, local counsellor, PM, president, candidate, vice president, MEP, incumbent, shadow minister, minister, The Chancellor (of the Exchequer)/finance minister, lawmaker, president in waiting, conservative, leftwinger, member of the House of Lords, leader of the opposition, Speaker, cabinet, give a speech, vote, resign, release a statement, stand for election, take bribes, write a manifesto, form a coalition, retract a statement, be interviewed

 

 

Kejahatan
Pencurian/perampokan (misalnya menyambar tas, pencopetan, pencurian, mengutil, penjambretan), pembunuhan (tingkat pertama), pembunuhan tingkat kedua/pembunuhan, penyuapan, pemerasan, perdagangan dalam negeri, minum mengemudi, pembakaran, penyelundupan, terorisme, pelecehan seksual, diskriminasi ilegal, kejahatan terorganisir (misalnya mafia dan geng), pemerkosaan, penganiayaan

Hukuman
Kalimat Penjara (misalnya hukuman seumur hidup), hukuman mati, pelayanan masyarakat, hukuman percobaan, hukuman fisik, kompensasi/ganti rugi,

Predikat yang berhubungan dengan kejahatan dan hukuman

Penangkapan, melarikan diri / melarikan diri, pertanyaan, mengaku, menyangkal, mengadili, masuk, mengancam, mencuri, menyembunyikan, meminta maaf, terpidana, rilis, komit, menyelidiki,
Orang yang berhubungan dengan kejahatan dan hukuman

Pengacara, hakim, pengadilan kriminal, tersangka, korban, penjaga penjara, polisi, detektif swasta, tersangka, saksi, alibi, juri, reporter pengadilan, terdakwa/tertuduh

Politisi dan apa yang mereka lakukan

MP, senator, anggota Kongres, walikota, konselor lokal, PM, presiden, calon, wakil presiden, MEP, incumbent, menteri bayangan, menteri, The Chancellor (dari Menteri Keuangan)/Menteri Keuangan, anggota parlemen, calon presiden, konservatif, leftwinger, anggota House of Lords, pemimpin oposisi, juru bicara, lemari, memberikan pidato, suara, mengundurkan diri, merilis sebuah pernyataan, mencalonkan diri, menerima suap, menulis sebuah manifesto, membentuk koalisi, mencabut pernyataan, diwawancarai


 

Economic figures

Inflation, unemployment rate, business confidence, GDP, GNP, economic growth, interest rates, consumer confidence, stockmarket index (e.g. FTSE, Dow Jones), budget deficit,trade deficit, bankruptcies, household debt, national debt

 

Social problems

Abortion. divorce, bullying (e.g. in the workplace), censorship, child labour, data protection problems, domestic violence, educational standards, birthrate, addiction, globalisation, vandalism (e.g. graffiti), health scares, homelessness, human trafficking, gambling, weapons, immigration, inequality, NEETs, vigilantism, obesity, poverty, e.g. the Working Poor, school absenteeism, sex industry, stress-related illnesses, suicide

 

Words connected to war

Battle, attack, retreat, pact, ceasefire/ truce, defeat, ethnic cleansing, prisoner of war camp, refugee, civil war, ethnic tensions, invade, capture, defend/ hold off, ally, enemy, mediator,

 

International organisations

UNHCR, Red Cross, ASEAN, OPEC, IMF, World Bank, NATO, Amnesty International, UNESCO, WTO, WHO, EU, APEC, NAFTA

 

Other parts of a newspaper/ Other kinds of news

Opinion/ column/ editorial, reviews, listings, crossword, sports, weather, celebrity gossip, political scandal, cartoon

 

Use as many words from above as you can to talk about recent news and news sources.

 

 

Angka Ekonomi

Inflasi, tingkat pengangguran, kepercayaan bisnis, GDP, GNP, pertumbuhan ekonomi, suku bunga, kepercayaan konsumen, indeks stockmarket (misalnya FTSE, Dow Jones), defisit anggaran, defisit perdagangan, kebangkrutan, utang rumah tangga, utang nasional

Masalah sosial

Aborsi, perceraian, bullying (misalnya di tempat kerja), sensor, pekerja anak, masalah perlindungan data, kekerasan dalam rumah tangga, standar pendidikan, kelahiran, kecanduan, globalisasi, vandalisme (misalnya grafiti), takut kesehatan, tunawisma, perdagangan manusia, perjudian, senjata, imigrasi, ketidaksetaraan, NEETs, main hakim sendiri, obesitas, kemiskinan, misalnya yang Buruk Bekerja, sekolah absensi, industri seks, stres yang berhubungan dengan penyakit, bunuh diri.

 

Kata-kata yang berhubungan dengan perang

Pertempuran, serangan, mundur, pakta, gencatan senjata, kekalahan, pembersihan etnis, kamp tawanan perang, pengungsi, perang saudara, ketegangan etnis, menyerang, menangkap, mempertahankan/menunda, sekutu, musuh, mediator.

Organisasi internasional

UNHCR, Palang Merah, ASEAN, OPEC, IMF, Bank Dunia, NATO, Amnesty International, UNESCO, WTO, WHO, Uni Eropa, APEC, NAFTA

Bagian lain dari surat kabar/ berita jenis lain

Opini / kolom / editorial, ulasan, daftar, teka-teki silang, olahraga, cuaca, gosip selebriti, skandal politik, kartun.

 

Gunakan kata-kata di atas sebanyak mungkin untuk berbicara tentang berita terbaru dan sumber berita.

“A hundred times

every day

I remind myself

that my inner and

outer life

are based on the labors

of other men,

living and dead,

and I must exert myself in order to give in

the same measure

as I have received and

am still receiving.”

Albert Einstein

 

%d bloggers like this: